Sabtu, 21 April 2012

Manajer


Manager
Merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap perusahaan, bawahan dan peralatan.
Manager dapat dibagi menjadi 3 yaitu:
1.    Top Manager / Manajer Puncak
Ø Tanggung jawab dari manajer puncak adalah keseluruhan kinerja dan keefektifan dari suatu perusahaan. Manajer tingkat puncak membuat kebijakan, keputusan dan strategi yang berlaku secara umum pada suatu perusahaan. Manajer puncak juga yang melakukan hubungan dengan perusahaan lain dan pemerintah.
2.  Middle Manager /Manajer Menengah
Ø Manajer tingkat menengah berada di antara manajer puncak dan manajer lini pertama. Manajer ini bertugas mengimplementasikan strategi, kebijakan serta keputusan yang diambil oleh manajer tingkat atas atau puncak.
3.  First Line Manager / Manajer Lini Pertama
Ø Manajer tingkat bawah ini kebanyakan melakukan pengawasan atau supervisi para karyawan dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh manajer puncak dan menengah telah dijalankan dengan baik. Manajer lini pertama juga memiliki andil dan turut serta dalam proses pengimplementasian strategi yang telah ditetapkan.
Seorang manajer harus memiliki kecakapan / perkembangan sbb:
1.    Tecnical Skill
Ø Suatu kecakapan dalam mengerjakan suatu pekerjaan tertentu.
2.  Human Skill
Ø Kecakapan dalam bekerja sama dengan memotivasi orang lain
3.  Administrative Skill
Ø Kecakapan dalam perencanaan dan pengorganisasian
4.  Conceptual skill
Ø Kecakapan dalam pengorganisasian dan mengintegrasikan kegiatan keseluruhan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar