Manager
Merupakan orang yang bertanggung
jawab terhadap perusahaan, bawahan dan peralatan.
Manager
dapat dibagi menjadi 3 yaitu:
1. Top
Manager / Manajer Puncak
Ø Tanggung
jawab dari manajer puncak adalah keseluruhan kinerja dan keefektifan dari suatu
perusahaan. Manajer tingkat puncak membuat kebijakan, keputusan dan strategi
yang berlaku secara umum pada suatu perusahaan. Manajer puncak juga yang
melakukan hubungan dengan perusahaan lain dan pemerintah.
2. Middle
Manager /Manajer Menengah
Ø Manajer
tingkat menengah berada di antara manajer puncak dan manajer lini pertama.
Manajer ini bertugas mengimplementasikan strategi, kebijakan serta keputusan
yang diambil oleh manajer tingkat atas atau puncak.
3. First
Line Manager / Manajer Lini Pertama
Ø Manajer
tingkat bawah ini kebanyakan melakukan pengawasan atau supervisi para karyawan
dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh
manajer puncak dan menengah telah dijalankan dengan baik. Manajer lini pertama
juga memiliki andil dan turut serta dalam proses pengimplementasian strategi
yang telah ditetapkan.
Seorang
manajer harus memiliki kecakapan / perkembangan sbb:
1. Tecnical
Skill
Ø Suatu
kecakapan dalam mengerjakan suatu pekerjaan tertentu.
2. Human
Skill
Ø Kecakapan
dalam bekerja sama dengan memotivasi orang lain
3. Administrative
Skill
Ø Kecakapan
dalam perencanaan dan pengorganisasian
4. Conceptual
skill
Ø Kecakapan
dalam pengorganisasian dan mengintegrasikan kegiatan keseluruhan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar